UANG GRATIS

Jumat, 05 November 2010

SILABUS BAHASA LAMPUNG VII

ANALISIS MATERI PELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP Muhammadiyah 1 Ambarawa
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : VII (tujuh) / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010

NO
KD KOMPETENSI DASAR /
SUB KOMPETENSI PENJABARAN
PENGALAMAN BELAJAR PENYESUAIAN ASPEK
METODE SARANA WAKTU
1 Menentukan unsur instritik dari wawarahan (fable) lisan Bahasa Lampung 1. Mendengarkan wawarahan
2. Menuliskan tokoh-tokoh yang ada pada wawarahan
3. Menentukan karakter tokoh
4. Menuliskan karakter seting - Ceramah
- Tanya jawab
- Penugasan
- Latihan - Rekaman wawarahan
- Cerita Guru
- Cerita teman
- Rekaman / wacana 4 x 40 menit Mendengarkan
2 Membacakan dongeng tentang fable dengan intonasi yang tepat 1. Membacakan dongeng tentang fabel cerita rakyat Lampung
2. Menceritakan secara singkat fable dengan menggunakan Bahasa Lampung
- Demonstrasi
- Penugasan - Materi yang ada
- Cerita rakyat Lampung 2 x 40 menit Berbicara
3 Membacakan wacana narasi (fable) berbahasa dengan lafal dan intonasi yang tepat 1. Membaca wacana narasi
2. Mencari kata-kata sulit
3. Menuliskan tokoh-tokoh yang ada dalam wacana
4. Menentukan karakter tokoh yang ada dalam wacana
5. Menuliskan latar seting
6. Menyimpulkan pesan yang ada dalam wacana - Demonstrasi
- Penugasan
- Tanya jawab
- Latihan - Teks wacana
- Narasi
- Kamus Bahasa Lampung 2 x 40 menit Membaca
4 Menyalin bagian tertentu dari kitab Kuntara Raja Niti dengan aksara Lampung secara tepat. 1. Menjelaskan tentang wacana kitab Kuntara Raja Niti
2. Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kitab Kuntara Raja Niti
3. Menuliskan wacana tentang kitab Kuntara Raja Niti dengan aksara Lampung

- Penugasan
- Ceramah
- Latihan - Materi yang ada
- Buku refensi 4 x 40 menit Menulis

NO
KD KOMPETENSI DASAR /
SUB KOMPETENSI PENJABARAN
PENGALAMAN BELAJAR PENYESUAIAN ASPEK
METODE SARANA WAKTU
5 Melantunkan dan mengungkapkan isi puisi (sagata/pantun) 1. Mendengarkan sagata Lampung.
2. Menitukan sagata secara berkelompok
3. Menirukan sagata secara individu - Penugasan
- Latihan - Rekaman sagata
- Sagata langsung dari guru
- Sagata dari siswa
- Teks 6 x 40 menit Mendengar
6 Memperkenalkan diri dalam berbagai konteks secara santun dalam berbahasa Lampung 1. Guru memberikan contoh cara memperkenalkan diri
2. Guru menugaskan setiap anak untuk memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Lampung
- Ceramah - Nara sumber (guru) 8 x 40 menit Berbicara
7 Memahami isi wacana diskripsi yang ditulis dalam bahasa Lampung 1. Memahami isi wacana yang dibaca
2. Menemukan informasi (berita) dalam wacana
3. Menentukan fakta
4. Menentukan amanat - Penugasan
- Tanya jawab
- Latihan - Kumpulan cerita rakyat
- Kamus 2 x 40 menit Membaca
8 Menterjemahkan wacana sastra (legenda) yang ditulis dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Lampung 1. Menceritakan cerita rakyat Lampung tentang legenda
2. MEnuliskan tokoh0tokoh yang ada dalam cerita legenda
3. Menentukan karakter tokoh yang ada dalam cerita legenda
4. Menuliskan wacana sastra (legenda) dari bahasa Indonesia ke bahasa Lampung
- Ceramah
- Penugasan
- LAtihan - Kumpulan cerita rakyat Lampung 2 x 40 menit Menulis










REKAPITULASI PROGRAM SEMESTER

A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU Kelas : VII
I. BANYAK MINGGU DALAM SATU SEMESTER Semester : I
B. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
No Nama Bulan Banyak Minggu
1 Juli ….. Minggu
2 Agustus ….. Minggu
3 September ….. Minggu
4 Oktober ….. Minggu
5 Nopember ….. Minggu
6 Desember ….. Minggu
Jumlah ….. Minggu

No POKOK BAHASAN ALOKASI
WAKTU
1 01 Mendengar 4 x 40 menit
Wawarahan (fabel) lisan
2 02 Berbicara 2 x 40 menit
Cerita, Dongeng
3 03 Membaca 2 x 40 menit
Wacana narasi (fabel)
4 04 Menulis 4 x 40 menit
Menyalin isi kitab adat, Kuntara Raja Niti
5 05 Mendengar 6 x 40 menit
Puisi sagata/pantun
6 06 Berbicara 8 x 40 menit
Bercerita pengalaman lucu tentang sambutan/Berpidato
7 07 Membaca 2 x 40 menit
Wacana deskripsi
8 08 Menulis 2 x 40 menit
Legenda
JUMLAH 26 x 40 menit
(26 jampel)









II. MINGGU YANG TIDAK EFEKTIF

No Nama Bulan Banyak Minggu
1 MOS 1 Minggu
2 Ulangan Harian ….. Minggu
3 Ulangan Umum ….. Minggu
4 Cadangan/Pengayaan ….. Minggu
5 Koreksi /proses rapor 1 Minggu
6 Hari libur/libur semester/puasa 2 Minggu
Jumlah 2 Minggu

III. BANYAK MINGGU YANG EFEKTIF = 1. Apabila waktu yang tersedi tidak sesuai dengan yang di alokasikan dalam GBPP maka
Jumlah minggu – Jumlah Minggu tidak efektif = disesuaikan dengan bobot pokok bahasan
25 - 6 = 19 2. Dari rekapitulasi ini dijabarkan dalam Alokasi Waktu Program Semester

IV. BANYAK JAM EFEKTIF = 19 x 2 = 38 jam


ANALISIS MATERI PELAJARAN

Mata Pelajaran Bahasa Lampung Kelas / Semester : VII / I Tahun Pelajaran : 2009 /2010

Diberikan pada bulan dan pertemuan *) % Daya Ket
No Pokok Bahasan Jumlah Juli Agustus September Oktober November Desember serap tiap
SK Materi Pelajaran Jam 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 PB

01 Mendengar √ √
Wawarahan (fabel) lisan M U M L L U S P L
02 Berbicara O J I I I J E E I
Cerita, dongeng S √ I D B B I M R B
03 Membaca √ U U E S U
Wacana narasi (fabel) B S R R B S I R
Ulangan harian I L E L T A
04 Menulis O √ √ M P L O E P S
Kitab adat Kuntara Raja Niti K E U E K R A E
05 Mendengar S A B √ √ √ N M
Puisi sagata/pantun T S A E
06 Berbicara E A R √ √ √ √ B S
Penglman lucu,berpidato R A A T
Ulangan harian II N G E
07 Membaca √ I R
Wacana deskripsi
08 Menulis √ R
Kisah cerita (legenda) A
Cadangan/pengayaan P
Ulangan umum O
Penerimaan rapor R
Hari libur
JUMLAH



SILABUS

Sekolah : SMP Muhammdiyah 1 Ambarawa
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas/Semester : VII / Ganjil

Aspek : Mendengar
Standar Kompetensi : Memahami dan mengungkapkan isi wacana lisan baik sastra maupun non sastra

KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK PENGALAMAN BELAJAR INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BENTUK INSTRUMEN CONTOH INSTRUMEN
1. Menentukan
unsur intrinsik
dari wawarahan
(fabel) lisan
bahasa Lampung
Warahan 1. Mendengarkan wawarahan
2. Menuliskan tokoh-tokoh yang ada pada wawarahan
3. Menentukan karakter tokoh
4. Menuliskan latar / seting 1. Menyebutkan tokoh-tokoh wawarahan yang didengarkan
2. Menjelaskan karakter tokoh
3. Menyebutkan latar / seting
4. Menjelaskan tema wawarahan yang didengar 1. Tertulis
2. Lisan 1. Esay
2. Uraian berstruktur 1. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat pada wawarahan
2. Jelaskan karakter masing-masing tokoh
3. Sebutkan latar/seting
4. Jelaskan tema wawarahan yang didengar
4 x 40 menit 1. Rekaman wawarahan
2. Cerita guru
3. Cerita teman
2. Melantunkan dan mengungkapkan isi puisi (sagata/pantun) Puisi segata/
pattun 1. Mendengarkan segata Lampung
2. Menirukan segata secara berkelompok
3. Menirukan segata secara individu 1. Melantunkan segata secara bersama-sama
2. Melantunkan nada segata secara bergiliran perkelompok
3. Melantunkan nada segata secara individu
4. Mengungkapkan makna segata 1. Lisan
2. Tertulis 1. Penugasan
2. Demonstrasi 1. Nyanyikan segata Lampung secara bersama-sama
2. Nyanyikan segata Lampung secara berkelompok
3. Nyanyikan segata Lampung secara individu
6 x 40 menit 1. Rekaman segata
2. Segata langsung dari guru
3. Segata dari siswa
4. Teks


SILABUS

Sekolah : SMP Muhammdiyah 1 Ambarawa
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas/Semester : VII / Ganjil

Aspek : Berbicara
Standar Kompetensi : Membacakan teks tulis dan mengkomunikasikan jati diri dengan menggunakan lafal, intonasi dan mimic serta kalimat Lampung yang sederhana

KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK PENGALAMAN BELAJAR INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BENTUK INSTRUMEN CONTOH INSTRUMEN
1. Membacakan dongeng tentang fabel dengan intonasi dan jeda yang tepat Cerita dongeng (fabel) 1. Membacakan dongeng tentang fabel cerita rakyat Lampung
2. Menceritakan secara singkat fabel dengan menggunakan bahasa Lampung 1. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam dongeng
2. Menentukan amanat dongeng
3. Mengekspresikan cerita dongeng tentang fable
4. Melafalkan dongeng dengan lafal, intonasi dan jeda yang tepat
Lisan Praktik berbicara Siswa satu persatu bercerita secara singkat didepan kelas dengan waktu yang digunakan (± 3 menit) 2 x 40 menit Teks tulis cerita rakyat Lampung
2. Memperkenalkan diri dalam berbagai konteks secara santun dalam berbahasa Lampung 1. Guru memberikan contoh cara memperkenalkan diri
2. Guru menugaskan setiap anak untuk memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Lampung 1. Menyebutkan identitas diri dalam bahasa Lampung
2. Memperkenalkan identitas diri temannya dalam bahasa lampung Lisan Praktik berbicara 1. Setiap siswa diberi tugas untuk memperkenalkan diri didepan kelas
2. Setiap siswa diberi tugas untuk memperkenalkan diri 2 orang temannya didepan kelas
8 x 40 menit Nara sumber (guru)




SILABUS

Sekolah : SMP Muhammdiyah 1 Ambarawa
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas/Semester : VII / Ganjil

Aspek : Membaca
Standar Kompetensi : Membaca dan memahami isi wacana yang ditulis dalam bahasa / aksara Lampung

KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK PENGALAMAN BELAJAR INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BENTUK INSTRUMEN CONTOH INSTRUMEN
1. Membacakan wacana narasi (fabel) berbahasa dengan lafal dan intonasi yang tepat Wacana narasi/ fabel 1. Membaca wacana narasi
2. Mencari kata-kata sulit
3. Menuliskan tokoh-tokoh yang ada dalam wacana
4. Menentukan karakter tokoh yang ada dalam wacana
5. Menuliskan latar/setting
6. Menyimpulkan pesan yang ada dalam wacana 1. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam wacana narasi
2. Menjelaskan jenis jenis wacana
3. Menjelaskan karakter tokoh dalam wacana
4. Menyimpulkan amanat dalam wacana

Tertulis Essay 1. Wacana yang dibaca tergolong jenis apa ?
2. Sebutkan 2 kosa kata dalam bahasa Lampung dan artikan
3. Jelaskan latar/setting yang ada dalam wacana
4. Jelaskan pesan yang ada dalam wacana
2 x 40 menit 1. Teks wacana narasi
2. Kamus bahasa Lampung









2. Memahami isi wacana deskripsi yang ditulis dalam bahasa lampung 1. Memahami isi wacana yang dibaca
2. menemukan informasi dala wacana
3. Menentukan fakta
4. Menentukan amanat 1. Menceritakan kembali isi wacana secara singkat
2. Menjelaskan amanat dalam wacana deskripsi
3. .Menyebutkan tokoh-tokoh dalam wacana
4. Membaca wacana deskripsi dengan lancar dan intonasi yang tepat Lisan Praktik berbicara 1. Setiap siswa diberi tugas untuk memperkenalkan diri didepan kelas
2. Setiap siswa diberi tugas untuk memperkenalkan diri 2 orang temannya didepan kelas
2 x 40 menit 1. Lks MGMP
SILABUS

Sekolah : SMP Muhammdiyah 1 Ambarawa
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas/Semester : VII / Ganjil

Aspek : Menulis
Standar Kompetensi : Menggunakan unsur kebahasaan melalui kegiatan menyalin kedalam had Lampung dan menerjemahkan

KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK PENGALAMAN BELAJAR INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BENTUK INSTRUMEN CONTOH INSTRUMEN
1. Menyalin bagian paket tertentu dari kitab Kuntara Raja Lampung Niti dengan had Lampung secara tepat Menyalin dengan had Lampung 1. Menjelaskan tentang wacana kitab Kuntara Raja Niti
2. Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kitab Kuntara Raja Niti
3. Menuliskan wacana tentang Kitab Kuntara Raja Niti dengan had Lampung 1. Menyebutkan pengertian Kitab Kuntara Raja Niti
2. Menyebutkan isi yang terkandung dalam kitab Kuntara Raja Niti pada pasal…. ayat…..
3. Menyalin isi Kitab Kuntara Raja Niti dengan had Lampung pada pasal…… ayat……
Tertulis Essay 1. Sebutkan nama Kitab hukum adapt Lampung
2. Sebutkan isi pasal 1 ayat 2 dalam kitab adat Lampung
4 x 40 menit Buku Bahasa Lampung
2. Menterjemahkan kumpulan wacana sastra rakyat (legenda) Lampung yang ditulis dalam bahasa Indonesia kedalam bahasa Lampung Menerje
mahkan wacana 1. Menceritakan cerita rakyat Lampung tentang (legenda)
2. Menuliskan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita legenda
3. Menentukan karakter tokoh yang ada dalam cerita legenda
4. Menuliskan wacana sastra (legenda) 1. Menyebutkan latar/setting yang ada dalam cerita (legenda)
2. Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang ada dalam cerita
3. Menjelaskan karakter-karakter tokoh dalam cerita (legenda)
4. Menyalin wacana sastra (legenda) dari bahasa Indonesia ke bahasa Lampung Tertulis Essay 1. Sebutkan tempat terjadinya cerita legenda tersebut
2. Sebutkan nama tokoh-tokoh yang ada dalam cerita (legenda)
2 x 40 menit Cerita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar